0
Sumber gambar: http://webiconspng.com/icon/38249
Apa sih e-mail itu? Dan seberapa penting kah bagi kita untuk memiliki e-mail? Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya dewasa ini e-mail merupakan alat atau media yang cukup penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari dalam dunia internet, baik itu untuk pribadi maupun perusahaan.

Pengertian E-mail

Istilah E-mail sendiri merupakan kepanjangan dari Electronic Mail atau Surat Elektronik, yang mana belakangan ini menurut terjemahan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lebih dikenal dengan istilah Surel. Lebih lanjut, pengertian E-mail atau Electronic Mail atau Surat Elektronik atau Surel adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim pesan atau surat secara elektronik dari alamat satu ke lamat lainnya melalui jalur internet.

Setiap alamat e-mail memiliki keunikan tersendiri dan tidaklah mungkin sama antara alamat e-mail satu dengan yang lainnya, sama halnya seperti nomor telepon ataupun nomor seluler yang kita miliki. Alamat e-mail terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh simbol @, dan setiap bagian pada alamat e-mail juga memiliki arti tersendiri. Bagian pertama sebelum simbol @ merupakan user-id atau nama yang kita buat, dan bagian kedua setelah simbol @ menunjukkan penyedia layanan e-mail. Misalnya rinduwangi@gmail.com, rinduwangi merupakan nama atau user-id sedangkan gmail.com merupakan penyedia layanan e-mail dari Google yang lebih kita kenal sebagai Gmail.

Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu e-mail web-based dan non web-based. Untuk dapat menggunakan layanan e-mail yang web-based, terlebih dahulu kita harus mendaftar melalui situs penyedia layanan, contohnya seperti Gmail, Yahoo! Mail, dan banyak lagi lainnya. Sedangkan untuk menggunakan layanan yang non web-based, pendaftaran dilakukan melalui administrator penyedia layanan.

E-mail Gratisan atau Berbayar

Selain itu, layanan e-mail juga ada yang dapat kita gunakan atau daftarkan secara gratis, ada pula yang berbayar. Di internet banyak sekali jasa penyedia layanan e-mail gratis, seperti contohnya Gmail, Yahoo! Mail, dan masih banyak lagi lainnya. Namun kelemahan pada layanan e-mail gratis ini kita hanya dapat atau bebas memilih nama atau user-id saja tanpa bisa mengganti nama akhiran alamat e-mail (nama penyedia layanan hosting), misal rinduwangi@gmail.com atau rinduwangi@yahoo.com. Sedangkan pada layanan berbayar kita dapat dengan bebas menentukan nama atau user-id serta menentukan akhiran nama alamat e-mail itu dengan nama domain kita sendiri, misal admin@rinduwangi.com. Dengan syarat terlebih dahulu kita harus memiliki domain dan hosting sendiri.

Manfaat dan Kegunaan E-mail

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dewasa ini hampir semua individu yang bergelut dan berkecimpung dengan dunia internet minimal memiliki e-mail, baik itu untuk keperluan kerja ataupun hiburan semata. Di era informasi sekarang ini akun e-mail atau biasa kita kenal sebagai e-mail telah menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi setiap penggunanya. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh dari e-mail. Selain fungsinya untuk berkirim surat elektronik, e-mail juga masih memiliki banyak manfaat lainnya, diantaranya ialah:

  1. Perkembangan Situs Jejaring Sosial

    Bagi setiap individu yang telah mengenal dunia internet, situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, BBM dan masih banyak lagi lainnya tentunya tidak lah asing. Bahkan hampir semua orang memiliki akun jejaring sosial tersebut. Untuk dapat memiliki akun-akun tersebut kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu, dan salah satu syarat untuk kita dapat mendaftar adalah terlebih dahulu harus memiliki e-mail kita sendiri.

  2. Akses Dunia Pendidikan yang Lebih Luas

    Bagi para pelajar, pencari informasi atau siapapun yang haus akan ilmu, mempunyai akun e-mail membuat mereka mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan berbagai macam ilmu dan informasi yang mereka butuhkan. Jurnal, referensi, serta lainnya yang tersedia luas di dunia internet dapat dengan mudah bisa kita dapatkan. Nah, untuk mendapatkan itu semua, kita memerlukan e-mail untuk proses registrasi atau berlangganan.

  3. Akses Dunia Kerja Secara Langsung

    Tidak lah lagi mengherankan apabila dijaman yang serba canggih ini banyak para pelamar pekerjaan yang tidak lagi menenteng surat lamaran kerja dan ijazah dari satu kantor lain ke kantor lainnya untuk melamar pekerjaan. Di era moderen seperti sekarang ini telah banyak para pencari lowongan kerja yang menggunakan e-mail sebagai sarana melampirkan lamarannya serta berkomunikasi dengan pihak perusahaan yang bersangkutan. Penggunaan e-mail bahkan dirasa lebih efisien, selain dapat menghemat waktu juga dapat dikatakan dapat menghemat biaya transfortasi dan tenaga.

  4. Sarana Promosi Produk Barang dan Jasa

    Kebanyakan bagi seorang penjual atau seorang agen pemasaran produk atau jasa yang handal sering memanfaatkan berbagai cara untuk bisa mendapatkan seorang pelanggan. Penggunaan e-mail dalam pemasaran langsung (direct marketing) merupakan salah satu cara efektif yang dapat membantu pemasaran produk atau jasa perusahaan secara lebih luas dan tepat. Sekali lagi penggunaan e-mail cukup menghemat biaya, tenaga dan waktu bukan?
Sebenarnya selain manfaat dan kegunaan email yang telah dijelaskan diatas, masih banyak lagi manfaat dan kegunaan lainnya dari e-mail, yang mana tentunnya manfaat dan kegunaan bagi setiap orang bisa bervariasi tergantung kebutuhan dari setiap individunya masing-masing. Satu hal yang dapat digaris bawahi, bahwasannya e-mail cukup penting dalam proses pertukaran informasi dan menunjang kehidupan dunia internet.

Copyright © Bynewz
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top